Rabu, 16 Januari 2013

niche

Niche market adalah celah pasar dimana sebuah produk yang spesifik difokuskan untuk dijual kepada sekelompok kecil orang. Niche market ini diisi oleh Niche Audiences yaitu sekelompok kecil orang yang memiliki minat yang sama, contohnya kolektor perangko jaman orde baru. Chris Anderson di dalam bukunya The Long Tail menjelaskan bahwa strategi penjualan dengan menjual sejumlah produk yang unik kepada niche pasar yang unik walaupun dengan jumlah yang sedikit apabila digabungkan akan menjadi jumlah yang besar dan bahkan dapat mengalahkan pemimpin pasar.

Di dalam konteks online marketing, produk yang kita pasarkan adalah keyword, artinya keyword harus unik, tepat sasaran kepada niche audiences dan relevan dengan apa yang mereka cari. Hal inilah yang membentuk niche market dari keyword kita. Dengan kecanggihan search engine, niche market akan mudah dibentuk dan dianalisa melalui hasil pencarian.

Ada empat hal yang membentuk instrumen dari niche market yaitu :

  • Produk dan jasa yang unik. Sebagai pemain baru apabila produk dan jasa yang dijual terlalu umum biasanya akan memperoleh persaingan yang sangat ketat karena telah ditekuni oleh orang lain sebelumnya. Unik adalah kata kunci niche market anda, produk dan jasa yang unik dan menarik biasanya memiliki penggemar masing-masing. Dengan mengembangkan pasar dari produk atau jasa tersebut maka niche market anda akan terbentuk sendiri tentang apa yang diinginkan oleh niche market anda. 

  • Niche market primer dan sekunder. Untuk memulai pencarian niche market anda kita harus melakukan riset terhadap keyword yang biasa dicari. Andaikan produk anda adalah batik sebagai niche market primer maka batik akan menjadi sebuah keyword namun bukan yang diinginkan oleh orang. Ketika kita menuliskan “batik” di search engine kemungkinan besar yang muncul adalah beragam informasi mengenai batik dan bukan produk dan jasa unik yang anda tawarkan. Anda harus menggunakan keyword yang lebih dalam sehingga lebih baik menggunakan keyword “kemeja batik parang” dimana hasil pencarian akan benar-benar relevan dengan niche market yang anda tuju yaitu orang yang mencari kemeja batik dengan motif parang.

  • Terdapat permintaan. Produk dan jasa yang unik tanpa permintaan yang pasti jelas akan sia-sia. Ketika keyword yang anda masukkan di website anda unik namun tidak memiliki potensi maka tidak akan ada yang datang ke dalam website anda. Di dalam google adword keyword tool apabila anda mengetikkan keyword target maka yang muncul adalah data statistik berapa banyak hasil pencarian terhadap keyword itu dalam sebulan. Semakin besar permintaan dan semakin rendah kompetisi maka semakin potensial keyword tersebut untuk niche market anda.
  • Persaingan tidak terlalu berat. Niche market yang sudah diisi oleh pemain kelas berat seperti ehow.com atau about.com tentunya akan sulit dikalahkan terkecuali anda menggunakan trik tertentu.
Pengguna internet menggunakan internet dengan berbagai macam cara yang berbeda, ada yang menggunakan untuk urusan akademik, entertainment atau hanya sekedar mencari informasi.  Jadikan niche market anda bermanfaat dengan memberikan content semenarik dan serelevan mungkin agar di kemudian hari dapat menjadi penjualan untuk anda.

sumber : http://cuitcuit.com/niche-market-dalam-artikel-seo/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer