Rabu, 16 Januari 2013

hidup sehat ala Rasulullah

v Selalu bangun sebelum shubuh
Rosulullah selalu mengaja umatnya bangun sebelum subuh.Segarnya udara pagi yang masih murni amat baik bagi kesehatan,terutama bagi penderita asma dan TBC. Pikiran juga menjadi lebih tenang dan terbuka sehingga lebih siap melaksanakan aktivitas sepanjang hari.
v Aktif menjaga kebersihan
Walaupun berpakaian sederhana ,Rosulullah selalu rapid an bersih .Rahasianya ,beliau selalu rajin membersihkan wajah, bersisir, memotong kuku, dan berminyak wangi. Beliau bahkan menyediakan waktu khusus, hari kamis/jumat ,untuk merawat tubuh.
v Rajin menyikat gigi
Bersiwak atau menyikat gigi merupakan sunah Rosul. Begitu utamanya fungsi siwak ini sehingga beliau pernah bersabda “Seandainya tidak memberatkan umatku,tentu aku menyuruh mereka setiap hendak melakukan sholat” (HR. Bukhori dan Muslim)
v Tidak makan terlalu banyak
Rosulullah bersabda “Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar, dan bila kami makan tidak terlalu banyak”.(Muttfah Alaih)
Itu sebabnya Rosulullah sangat memganjurkan puasa sunnah.
v Memper banyak sholat sunnah
Setiap gerakan dalam sholat memiliki fungsi khusus layaknya berolah raga. Selain menyehatkan ,sholat yang khusuk juga berfungsi menenangkan pikiran dan menjauhkan dari stress.
v Gemar berjalan kaki
Dalam berbagai hadist disebu tkan bahwa ,Rosulullah gemar berjalan kaki. Entah itu masjid,pasar,medan jihat,atau mengunjungi rumah sahabatnya.Banyak berjalan kaki membuat keringat lancer. Ini sangat penting mencegah penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah.
v Tidak pemarah
Sifat pemarah sangat dibenci oleh Rosulullah .Itu sebabnya nasihat beliau “jangan marah” sampai diulang tiga kali.Ini menunjukkan hakikat kesehatan dan kekuatan muslim bukan semata jasadiyah,tetapi pada kebersihan dan kesehatan jiwa.Untuk menghilangkan amarah .Rosulullah terapi efektif ketika marah.Bila tadinya berdiri cobalah duduk, bila awalnya duduk upayakan berbaring.

sumber : http://odyrogents.wordpress.com/cara-hidup-sehat-ala-rosulullah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer