Konsep Diri
Konsep diri adalah bagaimana seseorang
memandang dirinya sendiri yang kadang-kadang akan berbeda dari pandangan orang
lain. Konsep diri konsumen terbagi ke dalam 4 dimensi, yaitu :
·
bagaimana
mereka sesungguhnya melihat dirinya sendiri
·
bagaimana
mereka ingin melihat diri mereka sendiri
·
bagaimana
sesungguhnya orang lain melihat diri mereka
·
bagaimana
mereka ingin orang lain melihat diri mereka.
Bagaimana konsumen memandang diri
mereka dapat menjadi dorongan yang kuat pada perilaku mereka di pasar sehingga
pemasar dapat menggunakan konsep diri ini dalam merancang strategi pemasaran, misalnya
dalam menciptakan merek atau produk baru.
Extended self merujuk pada
kecenderungan seseorang untuk mendefinisikan dirinya sendiri berdasarkan
kepemilikannya (possession). Kepemilikan yang dimaksud di sini tidak harus
sesuatu yang besar, seperti rumah atau mobil, tetapi dapat berupa benda-benda
kecil, seperti pigura. Penelitian memperlihatkan, konsumen cenderung untuk
memilih produk atau merek yang sesuai dengan dirinya atau dengan apa yang ingin
dicapainya sebagai manusia. Lebih banyak wanita daripada pria yang menganggap
bahwa produk yang mereka gunakan mencerminkan kepribadiannya sendiri.
Pemasar sebaiknya mengembangkan citra
produk sedemikian rupa sehingga sesuai dengan konsep diri yang dianut oleh
konsumen. Meskipun konsep diri yang dimiliki seseorang bersifat sangat unik,
ada kemungkinan konsep diri antar individu memiliki beberapa kemiripan.
sumber : http://anisa08.student.ipb.ac.id/2010/06/18/perilaku-konsumen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar