Strategi ceruk pasar adalah strategi menjadi pemimpin pasar di
pasar yang kecil (ceruk). Strategi ceruk pasar memungkinkan perusahaan
dengan pangsa pasar kecil dibandingkan pasar keseluruhan dapat
memperoleh laba besar. Strategi ini pada intinya melakukan spesialisasi,
misalnya spesialisasi ciri produk, spesialisasi geografis, spesialisasi
harga-kualitas, spesialisasi pelanggan, spesialisasi pelayanan,
spesialisasi pemakai akhir, spesialisasi pesanan, spesialisasi produk
atau lini produk, spesialisasi saluran, spesialisasi ukuran pelanggan
dan spesialisasi vertikal. Betadine menggunakan strategi ceruk pasar,
yaitu menjadi pemimpin pasar dari obat luka yang merupakan bagian kecil
dari pasar obat. Betadine menggunakan strategi spesialis harga-kualitas,
yaitu dengan kualitas yang baik, maka menawarkan dengan harga lebih
mahal 100 % dari harga pesaing, sehingga memperoleh laba cukup besar.
Untuk mempertahankan citra yang bagus, Betadine melakukan public
relations terutama di arahkan ke rumah sakit dengan terus memperkenalkan
teknologi melalui juru bicara yang mengarah kepada anjuran para
dokter. Demikian pula Tropicana Slim juga menggunakan strategi ceruk
pasar untuk produk gula sehat. Tropicana Slim juga menggunakan strategi
spesialis harga-kualitas, yaitu kualitas tinggi dengan harga di atas
rata-rata pesaing.
Ceruk pasar tidak hanya dapat diaplikasi dalam offline marketing, tetapai juga online marketing,
termasuk blog. Sebagai contoh, blog anda membahas tentang ilmu
photoshop. Anda sedari atau tidak, ternyata banyak juga blog yang
menampilkan tema sama. Nah, agar pengunjung tidak beralih ke blog
‘tetangga’ anda perlu memperhatikan ceruk pasar anda. Anda bingung siapa
ceruk pasar anda?
Untuk
memahami ceruk pasar anda, anda harus mengetahui siapa ceruk pasar
anda. Dalam contoh di atas, anda sebagai admin blog bertema photoshop.
Jika selama ini anda hanya melulu memberikan konsep tiori sebagai kontes
post di blog anda, maka anda harus beralih ke hal-hal yang dibutuhkan
oleh pengunjung atau pembaca. Misalnya dengan memposting tutorial
penggunaan program photoshop itu sendiri. Baik dalam format teks maupun
video. Selain itu, anda juga bisa mengetahui keinginan ceruk pasar
dengan menggali informasi dari blog-blog pesaing dan melihat konten atau
tema apa yang belum dibahas.
sumber :
- http://research.amikom.ac.id/index.php/karyailmiahdosen/article/view/982
- http://tips-ngeblog.blogspot.com/2011/04/memahami-ceruk-pasar.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar