Rabu, 16 Januari 2013

ceruk

Strategi ceruk pasar adalah strategi menjadi pemimpin pasar di pasar yang kecil (ceruk). Strategi ceruk pasar memungkinkan perusahaan dengan pangsa pasar kecil dibandingkan pasar keseluruhan dapat memperoleh laba besar. Strategi ini pada intinya melakukan spesialisasi, misalnya spesialisasi ciri produk, spesialisasi geografis, spesialisasi harga-kualitas, spesialisasi pelanggan, spesialisasi pelayanan, spesialisasi pemakai akhir, spesialisasi pesanan, spesialisasi produk atau lini produk, spesialisasi saluran, spesialisasi ukuran pelanggan dan spesialisasi vertikal. Betadine menggunakan strategi ceruk pasar, yaitu menjadi pemimpin pasar dari obat luka yang merupakan bagian kecil dari pasar obat. Betadine menggunakan strategi spesialis harga-kualitas, yaitu dengan kualitas yang baik, maka menawarkan dengan harga lebih mahal 100 % dari harga pesaing, sehingga memperoleh laba cukup besar. Untuk mempertahankan citra yang bagus, Betadine melakukan public relations terutama di arahkan ke rumah sakit dengan terus memperkenalkan teknologi melalui juru bicara yang mengarah kepada anjuran para dokter.  Demikian pula Tropicana Slim juga menggunakan strategi ceruk pasar untuk produk gula sehat. Tropicana Slim juga menggunakan strategi spesialis harga-kualitas, yaitu kualitas tinggi dengan harga di atas rata-rata pesaing.
 
Ceruk pasar tidak hanya dapat diaplikasi dalam offline marketing, tetapai juga online marketing, termasuk blog. Sebagai contoh, blog anda membahas tentang ilmu photoshop. Anda sedari atau tidak, ternyata banyak juga blog yang menampilkan tema sama. Nah, agar pengunjung tidak beralih ke blog ‘tetangga’ anda perlu memperhatikan ceruk pasar anda. Anda bingung siapa ceruk pasar anda?

Untuk memahami ceruk pasar anda, anda harus mengetahui siapa ceruk pasar anda. Dalam contoh di atas, anda sebagai admin blog bertema photoshop. Jika selama ini anda hanya melulu memberikan konsep tiori sebagai kontes post di blog anda, maka anda harus beralih ke hal-hal yang dibutuhkan oleh pengunjung atau pembaca. Misalnya dengan memposting tutorial penggunaan program photoshop itu sendiri. Baik dalam format teks maupun video. Selain itu, anda juga bisa mengetahui keinginan ceruk pasar dengan menggali informasi dari blog-blog pesaing dan melihat konten atau tema apa yang belum dibahas.
 
 
sumber :
  • http://research.amikom.ac.id/index.php/karyailmiahdosen/article/view/982
  • http://tips-ngeblog.blogspot.com/2011/04/memahami-ceruk-pasar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer