Sabtu, 03 November 2012

definisi evaluasi alternatif, pembelian online, AIDA, Sumber Daya Konsumen, Sumber Daya Ekonomi

Evaluasi alternative

Evaluasi alternative adalah suatu pertimbangan akan suatu barang yang akan dibeli dengan alternative lainnya yang dilakukan oleh para pembeli atau konsumen sebelum melakukan pembelian.

Kriteria evaluasi berisi dimensi atau atribut tertentu yang digunakan dalam menilai alternatif-alternatif pilihan. Kriteria alternatif dapat muncul dalam berbagai bentuk, misalnya criteria, keselamatan, kenyamana, harga, merek, negara asal (country of origin) dan juga spek hedonik seperti gengsi, kebahagiaan, kesenangan dan sebagainya.

pertimbangan-pertimbangan evaluasi tersebut contohnya:
1. Harga
2. Nama Merek
3. Negara asal
4. Saliensi kriteria evaluasi

Pembelian Online, order barang secara online atau belanja online

Pembelian online adalah sebuah kegiatan belanja yang dilakukan lewat media internet. seiring perkembangan teknologi khususnya sejak diperkenalkanya internet sebagai media baru, penggunaan Internet sebagai media untuk jual-beli semakin meningkat. Pembelian online atau belanja barang secara online kini menjadi sebuah gaya hidup Masyarakat modern, dimana trendnya semakin lama semakin meningkat. banyak keuntungan dan kemudahan yang didapat menjadi salah satu faktor yang memicu trend pembelian online atau belanja online.

Keuntungan pembelian online :
1.    Menghemat Waktu
2.    Menghemat Biaya
3.    Efisien
4.    Lintas Batas

Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)

Model AIDA adalah salah satu model hirarki respon yang cukup popular bagi pemasar sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pemasaran. Menurut model ini, alat promosi harus menarik perhatian, mendapatkan dan mendorong minat, membangkitkan keinginan, dan menghasilkan tindakan. Dalam membangun program komunikasi yang efektif, aspek terpenting adalah memahami proses terjadinya respon dari konsumen, misalnya dalam hal konsumen melakukan pembelian suatu produk, maka diperlukan pemahaman mengenai usaha promosi yang dapat mempengaruhi respon konsumen tersebut (Belch 1995:163 dalam Nurbenny 2005:38).

Teori keputusan pembelian dalm model AIDA dijelaskan dalam empat tahap sebagai berikut :
• Tahap Menaruh Perhatian (Attention)
• Tahap Ketertarikan (Interest)
• Tahap Berhasrat/Berniat (Desire )
• Tahap Memutuskan untuk aksi beli (Action)

Sumber Daya Konsumen
Perilaku konsumen adalah aktivitas seseorang saat mendapatkan, mengkonsumsi, dan membuang barang atau jasa (Blackwell, Miniard, & Engel, 2001). Sedangkan The American Marketing Association mendefinisikan perilaku konsumen sebagai interaksi dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran aspek hidupnya. Dalam kata lain perilaku konsumen mengikutkan pikiran dan perasaan yang dialami manusia dan aksi yang dilakukan saat proses konsumsi (Peter & Olson, 2005). Perilaku konsumen menitikberatkan pada aktivitas yang berhubungan dengan konsumsi dari individu. Perilaku konsumen berhubungan dengan alasan dan tekanan yang mempengaruhi pemilihan, pembelian, penggunaan, dan pembuangan barang dan jasa yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pribadi (Hanna & Wozniak, 2001).

Macam-macam Sumber Daya Konsumen :
·         Sumber Daya Konsumen Ekonomi (Uang)
·         Sumber Daya Konsumen (Waktu)
·         Sumber Daya Konsumen (Perhatian)

Sumber Daya Ekonomi

Sumber Daya Ekonomi (SDE) adalah Alat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia,wujudnya berupa barang atau jasa.

http://ardillacintaku.blogspot.com/2012/10/evaluasi-alternatif-sebelum-pembelian.html
http://pembelianonline.com/
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/11/teori-keputusan-pembelian-aida.html
http://baktyputra.blogspot.com/2011/10/sumber-daya-konsumen.html
http://studyerik.blogspot.com/2011/11/sumber-daya-ekonomi.html

1 komentar:

Entri Populer