Evaluasi alternative
Evaluasi alternative adalah suatu pertimbangan akan
suatu barang yang akan dibeli dengan alternative lainnya yang dilakukan oleh
para pembeli atau konsumen sebelum melakukan pembelian.
Kriteria evaluasi berisi dimensi atau atribut
tertentu yang digunakan dalam menilai alternatif-alternatif pilihan. Kriteria
alternatif dapat muncul dalam berbagai bentuk, misalnya criteria, keselamatan,
kenyamana, harga, merek, negara asal (country of origin) dan juga spek hedonik
seperti gengsi, kebahagiaan, kesenangan dan sebagainya.
pertimbangan-pertimbangan evaluasi tersebut contohnya:
1. Harga
2. Nama Merek
3. Negara asal
4. Saliensi kriteria evaluasi
pertimbangan-pertimbangan evaluasi tersebut contohnya:
1. Harga
2. Nama Merek
3. Negara asal
4. Saliensi kriteria evaluasi
Pembelian Online,
order barang secara online atau belanja online
Pembelian online
adalah sebuah kegiatan belanja yang dilakukan lewat media internet. seiring
perkembangan teknologi khususnya sejak diperkenalkanya internet sebagai media
baru, penggunaan Internet sebagai media untuk jual-beli semakin meningkat.
Pembelian online atau belanja barang secara online kini menjadi sebuah gaya
hidup Masyarakat modern, dimana trendnya semakin lama semakin meningkat. banyak
keuntungan dan kemudahan yang didapat menjadi salah satu faktor yang memicu
trend pembelian online atau belanja online.
Keuntungan
pembelian online :
1. Menghemat Waktu
2. Menghemat Biaya
3. Efisien
4. Lintas Batas
Model AIDA (Attention, Interest,
Desire, Action)
Model AIDA
adalah salah satu model hirarki respon yang cukup popular bagi pemasar sebagai
pedoman dalam melaksanakan kegiatan pemasaran. Menurut model ini, alat promosi
harus menarik perhatian, mendapatkan dan mendorong minat, membangkitkan
keinginan, dan menghasilkan tindakan. Dalam membangun program komunikasi yang
efektif, aspek terpenting adalah memahami proses terjadinya respon dari
konsumen, misalnya dalam hal konsumen melakukan pembelian suatu produk, maka
diperlukan pemahaman mengenai usaha promosi yang dapat mempengaruhi respon
konsumen tersebut (Belch 1995:163 dalam Nurbenny 2005:38).
Teori
keputusan pembelian dalm model AIDA dijelaskan dalam empat tahap sebagai
berikut :
• Tahap Menaruh Perhatian (Attention)
• Tahap Ketertarikan (Interest)
• Tahap Berhasrat/Berniat (Desire )
• Tahap Memutuskan untuk aksi beli (Action)
• Tahap Menaruh Perhatian (Attention)
• Tahap Ketertarikan (Interest)
• Tahap Berhasrat/Berniat (Desire )
• Tahap Memutuskan untuk aksi beli (Action)
Sumber
Daya Konsumen
Perilaku konsumen adalah aktivitas
seseorang saat mendapatkan, mengkonsumsi, dan membuang barang atau jasa (Blackwell,
Miniard, & Engel, 2001). Sedangkan The American Marketing Association
mendefinisikan perilaku konsumen sebagai interaksi dinamis dari pengaruh dan
kesadaran, perilaku, dan lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran aspek
hidupnya. Dalam kata lain perilaku konsumen mengikutkan pikiran dan perasaan
yang dialami manusia dan aksi yang dilakukan saat proses konsumsi (Peter &
Olson, 2005). Perilaku konsumen menitikberatkan pada aktivitas yang berhubungan
dengan konsumsi dari individu. Perilaku konsumen berhubungan dengan alasan dan
tekanan yang mempengaruhi pemilihan, pembelian, penggunaan, dan pembuangan
barang dan jasa yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pribadi (Hanna
& Wozniak, 2001).
Macam-macam Sumber Daya Konsumen
:
·
Sumber Daya Konsumen Ekonomi
(Uang)
·
Sumber
Daya Konsumen (Waktu)
·
Sumber
Daya Konsumen (Perhatian)
Sumber
Daya Ekonomi
Sumber Daya Ekonomi (SDE) adalah Alat
yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia,wujudnya berupa barang atau
jasa.
http://ardillacintaku.blogspot.com/2012/10/evaluasi-alternatif-sebelum-pembelian.html
http://pembelianonline.com/
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/11/teori-keputusan-pembelian-aida.html
http://baktyputra.blogspot.com/2011/10/sumber-daya-konsumen.html
http://studyerik.blogspot.com/2011/11/sumber-daya-ekonomi.html
Bagus sekali defini tentang evaluasi alternatif ini.
BalasHapusKunjungi balik ke tempat saya:
defini evaluasi, penilaian, pengukuran, asesmen, dan tes serta kedudukan semua istilah tersebut dalam dunia pendidikan
Mungkin juga bisa bermanfaat.
Salam.